Loading...
Rabu, 16 Oktober 2013

Lingkungan St.Chatarina Laboure - Wilayah III



Ketua Lingkungan Periode 2013-2016 : Bp. YB. Budiono S.



Sejarah Lingkungan Balapan

Pertama kali umat yang beragama Katolik adalah bapak Paulus Suratmin yang dipermandikan tahun 1934 disusul oleh bapak Ignatius Christoforus Sudarman dipermandikan 1956 lalu bapak Handrianus Yosep Slamet pada tahun 1959.

Selanjutnya mulai tahu 1960 diadakan pelajaran agama di rumah bapak Atmo Sudarmo dan diajar oleh bapak Sumardi guru SMK. Katekumen sebanyak 6 (enam) orang dan dipermandikan 2 (dua) orang yaitu ibu Christina Maria Murni dan ibu Ana Yustina Sudartik dan tahun berikutnya ibu Maria Susan Markun.
Selanjutnya pelajaran agama tidak diteruskan karena bapak Sumardi pindah tugas ke Jogjakarta dan tidak ada yang melanjutkan, tetapi  ada yang mengikuti pelajaran di Gereja oleh Suster Lamberteda.

Pada tasnggal 7 Januari 1963 gedung gereja diberkati oleh Mgr. Johanes Kloster, CM dan diberi nama Gereja Santa Maria pada saat itu dipermandikan bapak Vincentius Christoforus  Djoko Soetrisno.
Setelah peristiwa G.30 S/PKI diadakan lagi pelajaran agama bertempat di rumah bapak Ignatius Christoforus Sudarman yang member pelajaran bapak Atmo Soewito dan bapak Haryono, jumlah katekumen ± 15 orang.

Pada tahun 1966 dipermandikan 2 orang yaitu bapak Yohanes Sadjiono dan bapak Antonius Sukadji.
Pada tahun itu belum ada lingkungan atau kring. Segala kegitan langsung di Paroki. Berhubung umat makin lama makin bertambah tahun 1983 dibentuk Kring Turi dan Balapan diketui oleh bapak RY. Djoemani (dari Turi), berjalan ± 2 tahun, baik umat di Turi maupun Balapan makin bertambah maka mulai tahun 1985 dibentuk Lingkungan sendiri – sendiri dan diberi nama Lingkungan Balapan. Yang diketuai ibu MM. Suparmi, yang lebih dikenal dengan sebutan ibu Y. Anwar Soedjito, menjadi ketua mulai tahun1985 sampai dengan tahun 1995 (selama 10 tahun).

Dari tahun ke tahun umat makin banyak terutama permandian tahun 1986 dan tahun 1987. Dan setiap tahun yang dipermandikan pasti ada meskipun hanya satu atau dua orang. Warga yang ingin mejadi katolik dikarenakan kesadarannya sendiri, yakni melihat kerukunan umat Katolik terutama kegiatan social dalam hal perawatan kematian dan kunjungan warga yang menderita/sakit, kepedulian para warga yang kesusahan. Selain itu juga ada umat yang sudah dipermandikan kurang aktif dan bahkan ada yang pindah agama lain.

Adapun warga yang pernah menjadi warga nomor satu di Lingkungan Balapan, adalah:
  • Tahun 1985  sampai tahun 1995  dijabat oleh ibu MM. Soeparmi
  • Tahun 1996  sampai tahun 2001  dijabat oleh ibu Helena Srie Amumpuni.
  • Tahun 2001 sampai tahun  2004  dijabat oleh bapak Mateus Wahyu Hidayat
  • Tahun 2004  sampai tahun 2007  dijabat oleh ibu Agustina Maria Yuni Sumartini
  • Tahun  2007  sampai tahun  2010  dijabat oleh ibu Anastasia Leony Widyawati.



0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP